Selain untuk membantu menjaga pesawat tetap dingin hingga meminimalisir serangan burung, ini dia beberapa alasan mengapa hampir semua pesawat komersial memiliki warna yang sama yaitu putih.

Mungkin ini adalah sesuatu yang membuat banyak penumpang pesawat penasaran tetapi tidak pernah menanyakannya secara serius “mengapa pesawat komersial selalu berwarna putih?”.

Tentu saja, setiap maskapai memiliki branding atau corak khas tersendiri, yang terdiri dari warna, grafik, dan pengidentifikasi tipografi tetapi untuk sebagian besar body pesawat penumpang menggunakan cat putih. Berikut beberapa alasannya.

Memantulkan Sinar Matahari

Alasan paling utama mengapa pesawat dicat warna putih atau terang adalah untuk memantulkan sinar matahari, sebab warna lain akan menyerap sebagian besar cahaya. Hal ini menjadi sangat penting karena ketika sinar matahari diserap oleh pesawat terbang tentu akan memanaskan badan pesawat terbang yang tentunya tidak baik untuk pesawat.

Pengecatan pesawat penumpang dengan warna putih meminimalkan pemanasan dan potensi kerusakan akibat radiasi matahari tidak hanya ketika pesawat sedang terbang, tetapi juga ketika diparkir di bandara.

Tidak Cepat Pudar

Saat terbang pada ketinggian tertentu, pesawat pastinya akan melewati dan terpapar berbagai kondisi atmosfer. Pesawat dengan warna lain cenderung akan memudar seiring waktu, dan karenanya membutuhkan pengecatan ulang untuk mempertahankan daya tarik estetika mereka. Selain dari fakta yang menyebutkan bahwa cat menambah bobot yang signifikan pada pesawat terbang, yang berarti lebih banyak bahan bakar yang terbakar, pengecatan pesawat juga membutuhkan biaya yang pastinya tidak sedikit.

Di sisi lain, pesawat terbang yang dicat putih atau warna terang tidak tampak berbeda walaupun telah menghabiskan banyak waktu di udara.

Mempermudah Menemukan Kerusakan pada Pesawat

Alasan keamanan juga merupakan alasan utama di balik warna putih, pesawat komersial akan mendapatkan pemeriksaan secara teratur untuk melihat adanya kerusakan permukaan body seperti keretakan dan penyok.

Tidak ada warna yang lebih efektif selain putih untuk urusan penyok satu ini, tumpahan minyak dan kerusakan lainnya hampir lebih mudah terlihat di atas warna putih, sehingga memungkinkan pesawat untuk diidentifikasi dan diperbaiki dengan cepat.

Ini Mengurangi Serangan Burung.

Serangan burung didefinisikan sebagai tabrakan antara burung dan pesawat yang sedang terbang atau yang sedang lepas landas, mendarat, atau di penerbangan ketinggian rendah. Serangan burung merupakan hal yang biasa tetapi bisa menjadi ancaman yang serius bagi keselamatan pesawat.

Eksterior putih dapat meningkatkan visibilitas pesawat sehingga diharapkan akan meningkatkan deteksi burung agar dapat menghindarinya. Di sisi lain, warna eksterior pesawat yang lebih gelap, mungkin akan mengurangi kontras antara pesawat dan latar belakang visualnya, yang mana hal ini dapat mengurangi kemampuan burung untuk mendeteksi pesawat dalam waktu yang cukup untuk menghindari tabrakan.