Jumlah garis pada seragam pilot menunjukkan pangkat mereka. Umumnya pangkat dibagi menjadi sebagai berikut:

  • Training Captain
  • Captain
  • Senior First Officer
  • First Officer
  • Second Officer
  • Cadet

Tidak ada standardisasi internasional untuk strip pangkat di seluruh maskapai. Setiap perusahaan penerbangan bebas memilih untuk mengeluarkan jumlah strip yang berbeda untuk pilot mereka tergantung pada peringkat mereka, yang juga bervariasi pada tingkat pengalaman dalam maskapai. Satu-satunya standardisasi adalah bahwa harus selalu ada seorang Captain dan First Officer yang mengoperasikan penerbangan (kecuali latihan). Captain dan First Officer juga kita kenal sebagai Pilot dan Co-pilot).

Training Captain

Training Captain memiliki memiliki tanggung jawab seperti Captain pada umumnya, meski begitu mereka juga memiliki tugas untuk melatih pilot lainnya. Seorang pilot yang baru mengenal jenis pesawat atau perusahaan akan terbang dengan Training Captain sampai mereka mencapai standar yang diperlukan untuk terbang dengan Captain biasa. Training Captain lebih senior dari Captain normal, Training Captain dipilih secara khusus setelah menunjukkan kinerja yang terus-menerus di atas rata-rata.

Meskipun Training Captain lebih senior daripada Captain biasa, mereka berdua mengenakan jumlah garis yang sama pada seragam mereka di sebagian besar maskapai. Karenanya Training Captain mengenakan 4 garis pada seragam mereka.

Captain

Captain (disebut juga sebagai ‘Pilot’ memiliki tanggung jawab atas pesawat, yang terdiri dari awak dan penumpang, kecuali jika mereka terbang dengan Training Captain (di mana Training Captain yang akan bertanggung jawab). Captain mengenakan 4 strip pada seragam mereka. Para agen bola yang menjalani perjalanan penerbangan selalu memastikan bahwa pilot captain yang menahkodai pesawatnya sudah sangat berpengalaman dalam segi jam terbang. Mereka tidak mau memilih captain yang kurang berpengalaman karena membahayakan jiwa. Beberapa daftar agen bola terpercaya di Indonesia yang berpatokan seperti itu adalah Pandahoki, Sharkygames, Cuan88, Pandatoto, dan sebagainya. Mereka agen bola judi online yang berdiri di Indonesia.

Senior First Officer

Secara umum, Senior First Officer adalah seseorang yang memiliki lebih dari 1.500 jam terbang secara total. Beberapa maskapai penerbangan mungkin memiliki persyaratan tambahan, seperti memegang ATPL penuh atau ‘siap-perintah’ yang merupakan cara maskapai untuk mengatakan bahwa mereka memiliki kemampuan untuk dipromosikan menjadi Captain tetapi sedang menunggu posisi tersedia. Siapa pun selain pangkat Captain atau Training Captain kadang-kadang disebut sebagai ‘Co-Pilot’. SFO mengenakan 3 strip pada seragam mereka.

First Officer

First Officer biasanya memakai 2 atau 3 garis tergantung pada maskapai dimana mereka bekerja. Beberapa First Officer secara langsung mendapatkan 3 strip di hari mereka bergabung (biasanya di maskapai Long Haul), sedangkan beberapa mulai dengan 2 dan akan mendapatkan 3 ketika mereka dipromosikan menjadi Senior First Officer.

Second Officer

Beberapa maskapai penerbangan menggunakan peran Second Officer. Second Officer hanya akan memantau dan mempelajari sehingga mereka tidak duduk di pit untuk lepas landas dan mendarat sampai tingkat pengalaman dan kemampuan mereka meningkat dan memadai. Second Officer biasanya akan mengenakan 2 garis pada seragam mereka.

Cadet

Cadet merupakan murid-murid di Sekolah penerbangan, pilot Cadet bisa mengenakan sejumlah garis tergantung dimana mereka bersekolah. Umumnya murid-murid ini mengenakan 1 strip ketika mereka memegang Lisensi Pilot Komersial (CPL) dan kemudian bertambah menjadi 2 strip setelah Penilaian Instrumen (IR) mereka selesai.

Beberapa sekolah penerbangan bahkan memberikan 3 garis untuk pilot trainee mereka, dimana hal ini merupakan hal yang berlebihan mengingat mereka belum memiliki pengalaman terbang yang sesungguhnya.